Saturday, March 19, 2011

Islam = kasih sayang ^_^

Bila kita berfikir jernih dan obyektif tentu kita akan sadar bahwa islam tidak hanya mengajarkan masalah syahadat, doa, atau lainnya, tetapi juga kasih sayang.

Dalam sebuah riwayat hadits diterangkan bahwa, suatu waktu Aisyah menaiki unta dan unta tersebut membuat dirinya kebingungan dan kesulitan, kemudian Rasulullah SAW bersabda kepadanya:”Kau harus bersikap lemah lembut kepada unta itu”(HR. Muslim dari Aisyah)

Kepada binatang saja Rasulullah memerintahkan bersikap lemah lembut, tentu saja kepada sesama manusia kita harus lebih utama memberikan perlakuan ramah dan lemah lembut serta curahan kasih sayang.

Di dalam sebuah hadits Qudsi diterangkan bahwa Allah SWT berfirman:” apabila engkau mengharapkan rahmatKu, maka kasih sayangilah makhlukku”.

Dalam riwayat lain Rasulullah juga menegaskan: “ Sifat kasih sayang tidak akan lepas , kecuali dari orang yang celaka.”

Misi awal semua agama sebenarnya berupa kasih sayang dan cinta kasih antara umat manusia, serta rolong menolong dalam kebaikan. Sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-Maidah ayat 2 yang berarti: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya], dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keredhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Dalam Al quran banyak larangan untuk saling menyakiti sesama seperti mengolok, mencaci maki, memfitnah, dan lain sebagainya. Seperti yang terdapat di dalam surat Al Hujaarat ayat 11 yang melarang manusia untuk saling mengolok. Sebab menyakiti hati sesama muslim berarti tidak akan mendapat rahmat dari Allah. Artinya :” Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa islam merupakan sumber kasih sayang sebab islam banyak mengajarkan manusia untuk saling kasih mengasihi. ^_^

No comments: